Penayangan bulan lalu

Selasa, 19 Oktober 2010

PETROGENOL 800L



  
Puji syukur penulis penjatkan kehadirat Alloh SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan Laporan yang berjudul “Pengendalian Hama Lalat Buah”
Dalam Penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.
Akhirnya penulis berharap semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Yaa Robbal ‘Alamiin.













Tugas (1)….pendeskripsian tentang Hama Lalat Buah.

 PEMBAHASAN DALAM LAPORAN

Nama Hama     : Dacus Spp

Metamorphosis: Lalat buah mengalami perubahan bentuk tubuh atau metamorfosis secara sempurna (holometabola). Pada tipe metamorfosis ini, lalat buah akan melalui tahap telur, larva, pupa (kepompong), dan lalat dewasa dalam satu siklus kehidupannya.
Cara merusak Tanaman : Pada buah yang terserang biasanya terdapat lubang kecil di bagiantengah kulitnya. Serangan lalat buah ditemukan terutama pada buah yang hampir masak. Gejala awal ditandai dengannoda/titik bekas tusukan ovipositor (alat peletak telur) lalat betina saat meletakkan telur kedalam buah. Selanjutnya karena aktivitas hama di dalam buah, noda tersebut berkembang menjadi meluas. Larva makan daging buah sehingga menyebabkan buah busuk sebelummasak. Apabila dibelah pada daging buah terdapat belatung-belatung kecil dengan ukuran antara 4-10 mm yang biasanya meloncat apabila tersentuh. Kerugian yang disebabkan oleh hama ini mencapai 30-60%. Kerusakan yang ditimbulkan oleh larvanya akan menyebabkan gugurnya buah sebelum mencapai kematangan yang diinginkan.






Tugas (2)
Petrogenol 800 L

Nama Bahan Aktif :  Metil eugenol 800 g/l
Merek Dagang       :  Petrogenol Atractan 800 L
Formulasi                ; Cair
Dosis                       ; 0,125-0,25 ml/Perangkap













PETUNJUK DAN PENGGUNAAN
Petunjuk dasar pengunaan
Dasar penggunaan Petrogenol 800 L  untuk mengenadalikan lalat buah dacus SPP petrogenol  800 L mengandung bahan aktif metal eugenol yang memiliki sifat bau khas,mampu menarik lalat buah jantan familia tephritidae,terutama  genus dacuss spp.dengan mengunakan suatu perangkap lalat buahjantan akan tertarik dan terperangkap masuk perangkap sehingga diharapkan dapat mengurangi tingkat perkawinan dan akhirnya mengurangi populasi lalat jantan,mengurangi tingkat perkawinan dan akhirnya mengurangi populasi lalat buah berikutnya.
Membuat perangkap
Cara yang cukup mudah dan murah yaitu menggunakan bekas wadah air minum yang berbentuk  tabung botol yang lehernya  bebrrbentuk kerucut.bagian tabung yang berbentuk kerucut dipotong kemudian dipasang kembali secar terbailik,bagian mulut tabung menghadapkedalam tabung.bagian sambung dilem atau diplester dengan selotip.
Memasang atraktan
Atraktan petrogenol 800L dipaparkan pada medium kapas.mampatkan kapas  dengan dipilin sampai sebesar ibu jari kemudian di ikat dengan kawat kecil.teteskan  petrogenol 800L sebanyak 0,125-0,25 ml pada kaps sampai basah  namun tidak menetes.pasang pilinan kapas yang sudah diberi petrogenol 800 L didalam tabung perangkap sedemikian rupa sehingga mengantung pada bagiantengah tabung perangkap.gantungkan perangkap pada dahan atau ranting setinggi 2-3 meter dari tanah atau dibagian dalam tajuk pohon.
Dosis pengunaan
Pemasangan perangkap dikerjakan sejak  pembentukan buah sampai panen.pemberian petrogenol 800L pada kapas dikerjakan setiap 4 minggu sekali.dalm 1 Ha pertanaman dapat dipasang 25 titik penempatan dengan jarak antar masing perangkap 20 meter.

Kapas mengandung
Petrogenol 800L                                                   kawat untuk perangkap pada cabang






                                X               x                        x                  x                 x


Lalat buah yang terperangkap                                                     bagain tabung berbentuk kerucut
                 
Gambar skema alat perangkap
HASIL DAN PEMBAHASAN DILAPANGAN MENGENAI  PETROGENOL 800 L

Nama Tanaman : Pohon Mangga
Lokasi :Perkarangan Rumah, ulekareng Meunasah Papeun.
Alat perangkap yang telah di pasang hanya berlangsung selama 4 hari,dan didapat bahwa jumlah lalat buah yang mati sebanyak 54 ekor didalam satu perangkap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar