Penayangan bulan lalu

Senin, 18 Oktober 2010

siputox 5G


KATA  PENGANTAR
           Segala puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang Pengaruh SIPUTOX terhadap Molusca yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari lapangan. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang “SIPUTOX 5G” yang bergunga untuk menghadapi molusca. Walaupun makalah ini mungkin kurang sempurna tapi juga memiliki detail yang cukup jelas bagi pembaca.
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung  dalam penyusun penelitian ini.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.

























BAB I
PEMBHASAN
Latar Belakang
SIPUTOX 5G adalah jenis Molustisida yang digunakan Untuk Menghadapi jenis Molusca seperti siput ,keong mas,lintah dan lain-lain..SIPUTOX 5G ini bentuknya berupa Butiran Padat proses pengaplikasianya adalah ditabur disekitar Tanaman dengan jarak yang telah ditentukan,. Dari sekian banyaknya Molusca  yang menyerang tanaman SIPUTOX 5G ini dapat mengendalikan Organisme tersebut Tanaman yang sering diserang adalah tanaman sayur-sayuran dan Tanaman Hias.Bahan Aktif yang dikandung didalamnya adalah Metaldehyda jenis-jenis Molusca Akan mati jika permukaan kulitnya menyentuh bahan kimia tersebut.

Tujuan
Tujuan dari  penelitian ini adalah untuk mengetahui efikasi SIPUTOX 5G dalam Mengendalikan Molusca.dibeberapa titik yang berbeda dengan jarak masing-masing 3 meter,dengan cara di tabur diatas permukan tanaman  secara (melingkari).








Cara Penggunaan
Adalah bagaimana  cara Mengalikasikan SIPUTOX 5G ini dilapangan,berikut adalah tahapan atau langkah dalam Pengaplikasikan SIPUTOX 5G
Langkah –Langkahnya Meliputi:
1.      Siapkan SIPUTOX 5G
2.      Tentukan  tempat dan jenis Tanaman yang akan di uji coba dengan SIPUTOX 5G ini
3.      Buat jarak yang telah ditentukan masing-masing tanaman berjarak 3 meter ,dari tempat titik yang berbeda.
4.      Taburkan SIPUTOX 5G pada Pagi Hari (08.00 WIB) atau Sore Hari (05.00) diatas Tanah dengan Cara melingkari Tanaman tersebut
5.      Pengaplikasian Dilapangan dimulai Pada tanggal 7 Oktober 2010, kemudian satu hari kemudian lakukanlah pengamatan yaitu pada tanggal 8 Oktober 2010 ,Pengamatan dilakukan pada pagi hari ataupun sore hari yaitu dengan cara melihat cangkang yang mati di tempat kejadian tersebut.









Hasil Pengamatan
Tugas 1
PENGAMATAN PADA TANGGAL 8 OKTOBER 2010
Di daerah  Lamnyong,desa Rumpet didekat daerah areal persawahan beberapa meter dari aliran sungai
Pada Tanaman sayuran

Hari pertama (kamis).
·         Pukul (08.00 WIB ) pagi hari------------------------------------ tidak ada cangkang yang mati
·         Pukul (05.15 WIB)  sore hari------------------------------------ tidak ada cangkang yang mati
Hari kedua (jumat).
·         Pukul (08.00 WIB) pagi hari ------------------------------ 1 buah cangkang siput kecil mati,
·         Pukul (05.22 WIB) sore hari ------------------------------- 1 buah cangkang siput yang            mati,dan beberapa orgaisme lain yaitu lintah pun ikut mati.

Pengamatan berhenti sampai hari kedua,  karena  sudah cukup melihat Hasil kerja SIPUTOX 5G
Yang dapat mengendalikan MOLUSCA ,kemudian area tempat tanaman yang ditaburi tadi segera dibersihkan agar tidak ,mencemari tanah.hasil dikemudian dianalisa ternyata butir (granular) yang menempel  pada jaringan kulit  tubuh molusca dapat menyebabkan kematian.menurut kami bahan kimia ini dapat mempengaruhi jaringan kulit molusca atau (sitotoksik).



Tugas 2
SIPUTOX 5G
·         Bahan Aktif : Methaldehyde 5%
·         Dosis            :
·         Formulasi :butiran (granular)














PENGARUH PEMBERIAN SIPUTOX 5G TERHADAP MOLUSCA
Di
 s
U
S
U
n
Oleh :
Ayu Rahayu
Firdaus
Ibnu Hajar
Juli Fikrian
Muhammad Isa
Teuku Rizal Ramadhana J

unsyiah.jpg





FAKULTAS PERTANIAN
JURUSAN AGROTEKNOLOGI
UNSYIAH
BANDA ACEH –DARUSSALAM
2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar